Selasa, 22 November 2016

KSATRIA KSATRIA BUMI PAJARAKAN

SINOPSIS KSATRIA-KSATRIA BUMI PAJARAKAN

 Brajamusti  adalah keponakan dari  Ken Sora atau lebih dikenal dengan nama Lembu Sora atau Sora saja, pengawal Raden Wijaya yang tetap setia mendampingi ketika melarikan diri dari kejaran pasukan Jayakatwang setelah kerajaan Singosari jatuh.

Setelah “pemberontakan” Sora, karena fitnah dari Mahapati, keluarga Sora akan di tumpes kelor oleh pihak kerajaan yang di prakarsai oleh Mahapati. Berkat jasa Mahesa Pawagal dan Lurah Mandana, Brajamusti berhasil disembunyikan  dan berguru di Padepokan Wringin Anom, sebuah padepokan terpencil di lereng sebelah selatan gunung Semeru.

Brajamusti  pun kemudian tumbuh menjadi pemuda  yang tangguh tanggon dibawah bimbingan Ki Ajar Wringin Anom,  pemimpin Padepokan Wringin Anom.

Sebagaimana dunia anak muda, ternyata Brajamusti  telah terpikat hatinya pada seorang gadis putri satu-satunya Ki Ajar Wringin Anom, Sawitri. Namun ternyata Brajamusti mendapatkan saingan dari seorang Putut yang terlebih dahulu telah berguru di Padepokan Wringin Anom, Gagat Rahina. Persaingan cinta ini terasa bagaikan bara di dalam sekam, namun sebagai saudara seperguruan yang sama sama menimba ilmu dari sumber yang sama, mereka selalu menjaga jarak dan menghindari pertentangan terbuka di hadapan Sawitri.

Ki Ajar Wringin Anom yang mengetahui hubungan antara murid-muridnya dengan putri satu-satunya itu tidak mau ikut campur terlalu jauh. Ki Ajar menyerahkan persoalan itu kepada Sawitri agar mengambil keputusan secara dewasa dan bertanggung jawab.

Sementara itu pergolakan di Majapahit semakin memanas. Berbagai cara dilakukan oleh Mahapati untuk melenyapkan Patih Harya Nambi.  Menyadari hal itu, Ki Ajar Wringin Anom telah mengirimkan murid-murid terbaiknya untuk  bahu membahu membantu Patih Harya Nambi dan pasukan Lamajang bersama Mahesa Pawagal, Lurah Mandana dan Ra Semi mempertahankan benteng Pajarakan dari serangan pasukan Majapahit.

Padepokan Sekar Keluwih 
                                                                                                             

Mbah Man

7 komentar :

  1. Maturnuwun Mbah_Man atas seri barunya ; Ksatria Ksatria Bumi Pajarakan. Namun seri yang lama "Jatuhnya Benteng Pajarakan" masih akan tetap dilanjutkan to Mbah ?
    Kami para cantrik tetap setia menunggu.... Nuwun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Ki Suhar Yth,
      KKBP ini sebagai gantinya JBP
      mohon dimaklumi
      matur suwun

      Hapus
  2. Ditunggu wedaran selanjutnya mbah

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.